Kamis, 19 Januari 2012

LAURENTIUS ELDA FEBRIANSA
8A

KATA PE NGANTAR

Puji syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karuniaNya saya dapat membuat laporan perjalanan ini,laporan ini kami buat sebagai sumber nilai dan juga sebagai sumber pengetahuan bagi pembaca

Semoga laporan ini benar-benar bermanfaat bagi pembaca agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Dalam laporan ini saya menceritakan berbagai kegiatan yang telah kami lakukan selama melakukan Study Tour di kota Jogjakarta,Jawa Tengah.Di dalam laporan ini juga menceritakan hal-hal yang menarik yang terjadi selama berada di Jogjakarta.

Demikian dari saya,sekali lagi kami ucapkan Puji Syukur dan kami ucapkan terima kasih.

Senin, 21 Februari 2011
                                                                                          Penuli

Laurentius Elda F

LAPORAN PERJALANAN STUDYTOUR KE JOGJAKARTA

A. Pendahuluan
Pada tahun ajaran ini SMP.ST. Mikael mengadakan kegiatan seperti biasanya yaitu study tour bagi siswa siswi SMP.ST.Mikael kelas delapan.Kami akan mengunjungi bebrapa tempat di kota Jogjakarta,Jawa Tengah.Kami tidak hanya sekedar berlibur saja tetapi juga kami belajar mengenai adat istiadat,kebiasaan,dan sejarah mengenai beberapa tempat yang akan kami kunjungi nanti.
Beberapa tempat yang akan kami kunjungi adalah Candi Borobudur,Pabrik Gula Madukismo,Kasongan,Malioboro,Kraton Jogjakarta,Gua Maria Tritis,Pantai Baron,Pabrik susu SGM (PT.Sarihusada), dan Musium Dirgantara.
Kami berangkat dari sekolah menuju Jogjakarta kira-kira pukul 21.30 WIB,tetapi para siswa harus sudah ada di sekolah sebelum pukul 20.00 WIB untuk diabsen,kami menggunakan dua buah bus satu bus berukuran kecil dan satu bus berukuran besar.Jumlah siswa yang ikut study tour kurang lebih 73 orang dan 5 orang Pembina.
Setelah para siswa diabsen dan diberi kaos study tour,para siswa masuk ke bus yang telah ditentukan oleh para guru dan langsung berangkat  menuju Jogjakarta pada pukul 21.00 WIB.

B. Perjalanan dan Kegiatan
Setelah berangkat dari Cimahi kami beristirahat di rumah makan Orang Utan kira-kira pukul 07.30,lalu kami melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur.Kami berangkat pukul 08.00 dan sampai kurang lebih pukul 09.00.
08 Februari 2011
Kami turun dari bus lalu mengantri di depan pintu masuk,setelah masuk kami disambut oleh tour guide yang akn memandu kami selama  berada di andi Borobudur.Selama di Candi Borobudur kami mendengarkan berbagai penjelasan mengenai Candi Borobudur dan meyempatkan diri berfoto untuk kenang-kenangan.Di sana terdapat banyak patung Buddha dan relief-relief yang mengajarkan hidup dengan gaya hidup yang benar.Kami hanya hanya berada di Borobudur kurang lebih 1 jam.
Lalu kami melanjutkan perjalanan menuju pabrik gula Madukismo,sebelum menuju pabrik gula Madukismo kami makan siang di Ambar Ketawang kira-kira pukul 10.30,setelah makan siang dan beristirahat kami kembali melanjutkan perjalanan menuju Pabrik Gula Madukismo,kami sampai pukul 12.00,disana kami kembali mendengarkan berbagai penjelasan mengenai Pabrik Gula Madukismo dan juga mengenai hasil produksi dan cara pembuatannya.Setelah Mendengar berbagai penjelasan tersebut kami lalu keluar gedung dan naik kereta mini untuk menuju pabrik gulanya,perjalanan tersebut sangat menyenangkan,kereta berjalan pelan dan kami semua bercanda selama diperjalanan,perjalanan menuju pabrik cukup jauh dan lama,setelah sampai kami masuk lalu melihat situasi pabrik,saat kami datang pabrik sedang tidak beroprasi karena sedang dalam masa perbaikan.Di sana kami melihat berbagai mesin untuk mengolah tebu sehingga menjadi gula.Kami juga diperkenankan untuk mencicipi gula yang sudah jadi.setelah selesai kami segera menuju bus dan berangkat menuju tempat selanjutnya yaitu menuju Kasongan.
Kami menuju kasongan kira-kira pukul 14.30 dan sampai pada pukul 15.00,di sana kami melihat banyak sekali hasil karya seni asli dari kota Jogjakarta,kami juga melihat pembuatan patung dari tanah liat,setelah melihat-lihat kami kembali ke bus dan menuju ke hotel Dirgahayu pukul 16.00,sesampainya disana kami lalu dibagi kamar dan setelah mendapat kunci kamar kami langsung menuju kamar dan mebereskan pakaian lalu beristirahat dan mandi.Setelah itu kami semua menuju ruang makan dan makan malam bersama.
Setelah makan malam kami diperbolehkan melakukan study lingkungan di Malioboro,kami harus sudah kembali ke hotel sebelum pukul 22.00,di Malioboro kami membeli berbagai kenang-kenangan dari Jogja sekaligus bersantai setelah seharian melakukan banyak kegiatan yang melelahkan.
Setelah dari Malioboro kami kembali ke hotel dan ngobrol-ngobrol sejenak bersama teman-teman sebelum selanjutnya kami pergi tidur untuk beristirhat karena besok masih banyak lagi kegiatan yang harus dilaksanakan.

09 Februari 2011
Pada tanggal 9 Februari 2011 sebelum kami melaksanakan kegiatan kami sarapan bersama setelah semua anak mandi dan mempersiapkan diri.Setelah itu kami menuju Kraton Jogjakarta.Kami sampai di Kraton pukul 08.00,disana kami mendengarkan sejarah mengenai Kraton,tempat-tempat yang ada di Kraton dan juga mengenai simbol-simbol yang terdapat di Kraton.Di Kraton juga kami menyempatkan diri untuk berfoto lalu kami menuju tempat oleh-oleh untuk melihat hasil karya seni yang diperjual belikan di Kraton.Setelah melihat-lihat kami kembali ke bus dan berangkat ke Gua Maria Tritis.
Kami berangkat menuju Gua Maria Tritis kira-kira pukul 10.30 dan sampai pukul 12.00,perjalanan menuju Gua Maria cukup panjang dan memakan waktu yang cukup lama,selama di bus kami selalu bercanda bersama teman-teman sebus.Setelah sampai di kami masih harus menempuh perjalanan yang cukup panjang menuju Gua Maria jalan setapak yang kami lalui tidak terlalu baik dan cukup licin.Setelah sampai di Gua Maria Tritis kami diceritakan mengenai penemuan pertama Gua Maria ini dan juga batu-batuan yang terdapat di Gua ini,batu-batuan tersebut menyerupai beberapa bentuk yang diantaranya menyerupai bentuk Tuhan Yesus dan juga beberapa bentuk hewan,batu-batu tersebut cuku membuat kami terkagum-kagum.Lalu kami melanjutkannya dengan ibadat bersama setelah ibadat kami berfoto dan melihat-lihat kondisi fisik dari Gua Maria tersebut.Lalu kami kembali ke bus dan menuju pantai Baron.
Letak Pantai Baron tidak terlalu jauh dari Gua Maria Tritis.Sesampainya di sana kami lalu makan siang,setelah itu kami menuju Pantai dan lalu berganti pakaian,di sana kami berfoto dan bermain sambil beristirahat karena Pantai Baron cukup bagus.
Setelah itu kami kembali ke hotel kira-kira pukul 15.00 dan kami langsung membersihkan diri dan langsung makan malam.Seperti biasa setelah makan malam kami diperkenankan ke Malioboro tetapi kali ini kami  tidak dapat langsung menuju Malioboro karena terdapat beberapa masalah,karena beberapa teman kami ada yang kehilangan barang mereka jadi kami menuju Malioboro kira-kira pukul 20.00,di Malioboro kami hanya bermain saja seperti hari sebelumnya.Lalu kami kembali ke hotel dan beristirahat.
10 Februari 2011
Keesokan harinya sebelum melanjutkan kegiatan Study Tour kami sarapan  dan tempat pertama yang kami kunjungi adalah PT.SariHusada,kami sampai di sana pukul 08.00 tetapi kami tidak dapat langsung masuk karena dari pihak PT.SariHusada mengadakan meeting mendadak dan kami baru bisa masuk kira-kira pukul  09.30,kami menuju sebuah ruangan untuk presentasi,di sana kami medapat snack lalu mendengarkan beberapa penjelasan mengenai prosedur keselamatan dan proses pembuatan susu SGM, serta sejarah mengenai PT.SariHusada.
Setelah itu kami segera menuju Musium Dirgantara,kami sampai di Musium Dirgantara kira-kira pukul 13.30,di sana kami melihat banyak sekalinpesawat dari berbagai jenis,di sana juga terdapat beberapa senjata dan cerita mengenai sejarah-sejarah Angkatan Udara,setelah menghabiskan waktu di sana kami lalu kembali ke bus dan langsung kembali ke Cimahi pukul 16.00,sebelumnya kami makan terlebih dahulu dan membeli oleh-oleh.
Perjalanan menuju Cimahi sangat melelahkan sehingga saat waktu semakin malam bus semakin sepi kecuali anak-anak yang masih saja bercanda dan benyanyi di bagian belakang bus,di peristirahatan pertama para siswa makan malam sendiri dan beristirahat sejenak lalu setelah itu melanjutkan kembali perjalanan menuju Cimahi.

C. PENUTUP

Setelah sampai di Cimahi kami semua telah dijemput oleh orang tua masing-masing,kami sedih karena harus meninggalkan kota Jogjakarta kota budaya yang kaya akan ilmu pengetahuan,kami juga sedih karena tidak bisa melakukan berbagai kegiatan bersama teman-teman,tidur bersama,lelah bersama,bercanda dan tertawa bersama,tetapi kenangan selama Jogjakarta tidak akan kami lupakan,entah suka maupun dukanya.